MANAGED BY:
SABTU
18 NOVEMBER
BANUA | HUKUM & PERISTIWA | BISNIS | LIFESTYLE | FEATURE | SPORT | RAGAM INFO | SOCIETY | KOMBIS

LIFESTYLE

Kamis, 19 Januari 2017 13:37
Terinspirasi Bhineka Tunggal Ika
Zalika Noor Fauzia

PROKAL.CO, SELAIN terkenal akan keindahan alamnya, Indonesia juga menjadi surganya kebudayaan dengan keberagaman suku bangsanya. Sehingga saking banyaknya kebudayaan dan suku bangsa tersebut, maka Bhineka Tunggal Ika sebagai kunci untuk mempersatukan bangsa Indonesia.

Nah, berlandaskan hal itulah, Zalika Noor Fauzia, seorang penyanyi muda asal Banua ini, ternyata lagi aktif-aktifnya membimbing generasi muda keturunan suku Minangkabau untuk latihan menari tarian tradisional Padang nih.

“Aku emang asli Banjar sih, tapi dari SMP dulu sering ikut menari untuk mengisi acara-acara yang berhubungan sama suku Padang. Akhirnya jadi menguasai deh tariannya, seperti tari Piring sama Tari Pasambahan. Dan sekarang dipercaya buat melatih generasi mudanya untuk melestarikan budaya Padang,” cerita fans berat Celine Dion ini.

Ditambahkan cewek kelahiran 29 Oktober 1996 ini, selain karena faktor hobi berkesenian di dirinya. Keterlibatan dia melatih menari di Perkumpulan Suku Minangkabau Saiyo Sakato ini sebagai bukti perwujudan akan prinsip Bhineka Tungga Ika.

“Ya harus selalu mendukung dan menghormati dong. Kita kan Indonesia Raya, jadi gak ada tuh alasan buat menolak kegiatan positif, apalagi buat generasi mendatang. Malahan, aku ngerasa beruntung sekali, karena bisa banyak dapat ilmu serta wawasan baru mengenai budaya dari daerah lain,” kata mahasiswi Prodi Sendratasi FKIP ULM ini.

Sampai sekarang, Lika kurang lebih sudah membimbing 8 anak-anak keturunan Minangkabau. Mengenai proses pelatihannya, Lika mengatakan jika yang dilatihnya adalah anak-anak SMA yang moodnya bisa berubah-ubah.

“Nah, di sini sebenarnya juga bisa dibilang kuliah nyata aku di luar kampus. Sebagai seorang calon guru, aku jadi banyak dapat ilmu selama mengajar ini. Mulai dari bagaimana menyampaikan materi hingga menciptakan mood yang baik, biar anak didiknya semangat,” ungkap cewek yang juga piawai bermain gitar ini. (rvn)

 


BACA JUGA

Selasa, 07 November 2017 10:38

Siapkan Fisik dan Mental

BANJARMASIN - Menjadi salah seorang peserta Duta Pemuda, perwakilan Provinsi Kalsel, tentu tak mudah.…

Senin, 06 November 2017 15:47

Ada yang Mau Ditilang Polwan ini?

MENJADI presenter dalam acara Police Expo 2017 yang ditayangkan stasiun televisi nasional membuat nama…

Rabu, 01 November 2017 13:27

Susahnya Menata Alis

BANJARMASIN - Aktor teater, sekaligus penari tradisi asal Banjarmasin, Rahmawati Dewi Safitri, kini…

Selasa, 31 Oktober 2017 12:48

Melenggang Cantik dengan Kostum Pasar Terapung

BANJARMASIN - Olvia Rahmi, berjalan lenggang-lenggok di atas catwalk. Model profesional asal banua itu,…

Kamis, 26 Oktober 2017 14:16

Artistic Kalsel, Komunitas Seru ‘Corat-coret’ Tiga Divisi

Membuat komik, doodle art, dan sketsa, merupakan tiga divisi yang ada di dalam komunitas Artistic Kalsel.…

Kamis, 26 Oktober 2017 14:12

Menggambar, Hilangkan Kejenuhan

BANJARMASIN - Model profesional asal Banua, Vania Herlinda SY, tak hanya mahir berpose di depan kamera.…

Sabtu, 21 Oktober 2017 12:26

KEREN YA.. Ini Nih Sasirangan Berkonsep Hutan Meratus

BANJARMASIN - Berbagai macam eksperimen dilakukan para desainer dunia agar kostum karyanya tak ketinggalan…

Sabtu, 21 Oktober 2017 12:24

Kerja Keras Wujudkan Prestasi Modeling

BANJARMASIN - Umurnya terbilang muda, 16 tahun. Namun, prestasinya di bidang modeling bisa dibilang…

Jumat, 20 Oktober 2017 10:11

Belajar Tarian Tradisional Lebih Menantang

BANJARMASIN - Daya tarik anak muda terhadap kesenian tradisional dipandang cukup memprihatinkan. Padahal…

Senin, 09 Oktober 2017 13:58

Kangen Kuliner Banua di Finlandia

BANJARMASIN – Meskipun beragam panorama indah terhampar di hadapan mata, ketika berada di negara…
Sitemap
  • HOME
  • HOT NEWS
  • NEWS UPDATE
  • KOLOM
  • RAGAM INFO
  • INSPIRASI
  • FEATURE
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
Find Us
Copyright © 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Supported By .