MANAGED BY:
MINGGU
24 SEPTEMBER
BANUA | HUKUM & PERISTIWA | BISNIS | LIFESTYLE | FEATURE | SPORT | RAGAM INFO | SOCIETY | KOMBIS

LIFESTYLE

Kamis, 19 Januari 2017 13:37
Terinspirasi Bhineka Tunggal Ika
Zalika Noor Fauzia

PROKAL.CO, SELAIN terkenal akan keindahan alamnya, Indonesia juga menjadi surganya kebudayaan dengan keberagaman suku bangsanya. Sehingga saking banyaknya kebudayaan dan suku bangsa tersebut, maka Bhineka Tunggal Ika sebagai kunci untuk mempersatukan bangsa Indonesia.

Nah, berlandaskan hal itulah, Zalika Noor Fauzia, seorang penyanyi muda asal Banua ini, ternyata lagi aktif-aktifnya membimbing generasi muda keturunan suku Minangkabau untuk latihan menari tarian tradisional Padang nih.

“Aku emang asli Banjar sih, tapi dari SMP dulu sering ikut menari untuk mengisi acara-acara yang berhubungan sama suku Padang. Akhirnya jadi menguasai deh tariannya, seperti tari Piring sama Tari Pasambahan. Dan sekarang dipercaya buat melatih generasi mudanya untuk melestarikan budaya Padang,” cerita fans berat Celine Dion ini.

Ditambahkan cewek kelahiran 29 Oktober 1996 ini, selain karena faktor hobi berkesenian di dirinya. Keterlibatan dia melatih menari di Perkumpulan Suku Minangkabau Saiyo Sakato ini sebagai bukti perwujudan akan prinsip Bhineka Tungga Ika.

“Ya harus selalu mendukung dan menghormati dong. Kita kan Indonesia Raya, jadi gak ada tuh alasan buat menolak kegiatan positif, apalagi buat generasi mendatang. Malahan, aku ngerasa beruntung sekali, karena bisa banyak dapat ilmu serta wawasan baru mengenai budaya dari daerah lain,” kata mahasiswi Prodi Sendratasi FKIP ULM ini.

Sampai sekarang, Lika kurang lebih sudah membimbing 8 anak-anak keturunan Minangkabau. Mengenai proses pelatihannya, Lika mengatakan jika yang dilatihnya adalah anak-anak SMA yang moodnya bisa berubah-ubah.

“Nah, di sini sebenarnya juga bisa dibilang kuliah nyata aku di luar kampus. Sebagai seorang calon guru, aku jadi banyak dapat ilmu selama mengajar ini. Mulai dari bagaimana menyampaikan materi hingga menciptakan mood yang baik, biar anak didiknya semangat,” ungkap cewek yang juga piawai bermain gitar ini. (rvn)

 


BACA JUGA

Rabu, 06 September 2017 10:17

Terjun ke Dunia Modeling, ini Tips Mahasiswi Cantik UIN Banjarmasin

BANJARMASIN - Karima Fitriani, dara manis dari UIN Antasari ini, tak pernah menyangka berhasil…

Kamis, 24 Agustus 2017 12:11

Menyelam dengan Ongkos Murah, Mau?

BANJARMASIN - Jika lazimnya para penyelam scuba atau scuba diver menyelam menggunakan alat khusus dan…

Selasa, 15 Agustus 2017 12:12

Kampanyekan Gerakan Minum Susu

BANJARMASIN – Momentum Kuliah Kerja Nyata (KKN) dirasa begitu mengesankan oleh Rima Hayati Authari,…

Sabtu, 12 Agustus 2017 13:39

Manfaatkan Ruang Digital dalam Menulis

  BANJARMASIN - Dalam dunia kepenulisan banyak cara yang bisa dilakukan oleh para penulis dalam…

Rabu, 09 Agustus 2017 12:11

Perlu Ketulusan Dalam Mengabdi

MARTAPURA – Ajang pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar sebentar lagi bakal digelar.…

Kamis, 03 Agustus 2017 11:22

Lintasi Zaman Dengan RX King

BANJARMASIN – RX King memang nggak ada matinya. Salah satu motor legenda keluaran Yamaha ini masih…

Kamis, 03 Agustus 2017 11:18

Tampilkan Ciri Khas Daerah

BANJARMASIN - Ajang Indonesian Model @Hunt benar-benar menjadi pengalaman berharga bagi Meisari Dewi…

Rabu, 02 Agustus 2017 13:54

Hargai Karya Musik Digital

BANJARMASIN – Kemerdekaan dalam dunia seni musik juga dikomentari oleh musisi cantik Banua lainnya.…

Rabu, 02 Agustus 2017 13:52

Rayakan Kemerdekaan dengan Bebas Berkarya

BANJARMASIN – Nggak terasa, tahun 2017 sudah memasuki bulan Agustus aja nih! Itu artinya, kita…

Senin, 24 Juli 2017 17:04

Sedia Perlengkapan Sebelum Berperang

Permainan airsoft gun tentunya juga butuh perlengkapan agar momen berperang Anda tetap aman dan mengasyikkan.…
Sitemap
  • HOME
  • HOT NEWS
  • NEWS UPDATE
  • KOLOM
  • RAGAM INFO
  • INSPIRASI
  • FEATURE
  • OLAHRAGA
  • EKONOMI
Find Us
Copyright © 2016 PT Duta Prokal Multimedia | Supported By .